Hipertensi Pada Bayi Pelajari Gejalanya!

hipertensi pada bayi
hipertensi pada bayi

Hipertensi Pada Bayi Pelajari Gejalanya! Hipertensi merupakan suatu penyakit tekanan darah tinggi yang sifatnya kronis. Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi pada dinding arteri atau biasa disebut pembuluh darah bersih. Tekanan darah tinggi ini dapat muncul dan datang secara tiba-tiba tanpa muncul gejala atau pemicu yang jelas. Untuk mendeteksi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yaitu dengan melakukan pemeriksaan tensi atau mengukur tekanan pada darah.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak atau bahkan bayi yang baru lahir sekalipun bisa saja terkena hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada bayi memang adalah sesuatu yang sangat jarang terjadi. Namun anda sebagai orang tua harus selalu waspada akan kemungkinan hipertensi yang menyerang bayi anda. Karena jika anak anda sudah terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi akan menimbulkan hal-hal yang tentunya tidak anda inginkan. Bahkan hipertensi ini juga bisa menyebabkan kematian pada bayi anda.

Karena risiko dari hipertensi pada bayi adalah kematian, maka anda sebagai orang tua harus benar-benar waspada. Bayi yang terkena hipertensi akan menunjukkan gejala-gejala hipetensi. Nah anda sebagai orang tua harus peka jika bayi anda menunjukkan gejala tersebut. Segera bawa bayi anda ke dokter khusu spesialis anak. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan lebih intensif pada bayi anda. Gejala-gejala hipertensi yang bayi anda tunjukkan adalah sebagai berikut.

hipertensi pada bayi
hipertensi pada bayi

Bayi anda sering sakit

Meskipun bayi yang sakit bukan menjadi suatu hal acuan bahwa bayi tersebut menunjukka gejala hipertensi. Namun jika bayi anda sakit dengan frekuensi sering selama 2 minggu berturut-turut segera bawa bayi anda ke dokter. Apakah bayi anda terkena hipertensi atau bisa saja hanya sakit biasa. Jika bayi anda di diagnosis menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, segera konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatannya. Dengan mendeteksi bayi anda sejak dini akan mengurangi resiko tekanan darah tinggi ketika sudah dewasa nantinya.

Terjadi pembengkakan pada kaki serta tangan

Jika bayi anda mengalami pembengkakan di bagian kaki dan tangan tanpa penyebab yang jelas, langsung konsultasikan bayi anda ke dokter. Pembengkakan pada tangan dan bayi merupakan salah satu gejala hipertensi pada bayi. Pembengkakan di tangan dan kaki pada bayi sangat berakibat fatal jika disepelekan. Pembengkakan terjadi karena pembuluh darah yang membengkak jika dibiarkan terlalu lama pembuluh darah pada bayi akan pecah. Mengingat lapisan pada pembuluh dari masih tipis, jika terjadi pembengkakan dan dibiarkan terlalu lama tanpa ditangani maka bisa saja pembuluh darah bayi tersebut pecah.

Gejala Hipertensi Pada Bayi

Bayi sering mengalami muntah

Umumnya bayi yang mengalami hipertensi akan mengalami muntah-muntah secara berlebihan. Meskipun bayi yang mengalami muntah itu umum terjadi pada bayi karena beberapa faktor-faktor. Faktor tersebut bisa saja karena bayi masuk angina atau bayi kekenyangan hingga menyebabkan muntah. Namun jika bayi anda mengalami muntah dengan intensitas yang sering bisa jadi bayi anda terkena hipertensi. Konsultasikan segera dengan dokter spesialis anak untuk mengetahui penyebab pastinya bayi anda muntah-muntah.

Penurunan pada berat badan bayi

Biasanya bayi normal pasti akan mengalami peningkatan berat badan setiap bulannya. Namun berbeda jika bayi yang menderita hipertensi akan mengalami penurunan berat badan. Tak selamanya penurunan berat bada bayi dikarenakan hipertensi pada bayi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan pada berat badan sang bayi. Namun jika penurunan berat badan pada bayi anda terjadi dengan alasan yang tak masuk akal dan signifikan, segera periksakan bayi anda ke dokter.

Bayi mengeluarkan keringat yang berlebihan

Hal yang wajar memang jika bayi berkeringat. Namun jika bayi mengeluarkan keringat yang berlebihan itu merupakan suatu hal yang tidak wajar. Bisa jadi keringat berlebih yang dikeluarkan bayi merupakan indikasi dari suatu penyakit seperti hipertensi. Hipertensi pada bayi ditandai dengan munculnya keringat yang berlebihan dan tak wajar pada bayi. Jika bay anda berkeringat tak seperi biasanya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dan untuk mendeteksi dini penyakit apa yang sedang bayi anda alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*